Web khusus membahas tentang tugas-tugas operator komputer SD ................... Update segera aplikasi dapodik anda ................... Yang belum melakukan pelaporan BOS triwulan 2 2013 segera melaporkan secara online di www.bos.kemdikbud.go.id

Laporan Penggunaan Dana BOS Online


Salam Operator...


Langkah-langkah pemasukan laporan penggunaan dana BOS
  1. Masuk ke web www.bos.kemdikbud.go.id
  2. Di layar ada kotak isian untuk memasukkan kode registrasi sekolah dan password. Setelah kode registrasi dan password dimasukkan dengan benar, tekanlah tombol "Masuk". Bacalah penjelasan kode registrasi dan password di bawah.
  3. Dalam layar terdapat format laporan penggunaan dana BOS. Pilih tahun dan triwulan sesuai dengan data yang akan Anda masukan.
  4. Selanjutnya Anda lihat tabel penggunaan dana BOS berdasarkan 13 komponen. Untuk memasukkan data, tekanlah tombol "Ubah".
  5. Setelah selesai mengisi data tekan tombol "Simpan". Data tersebut akan terekam dalam sistem pelaporan. Setelah itu tekan tombol "Kambali".
  6. Untuk keluar dari menu pemasukan data tekanlah "Logout"

SK KD KURIKULUM 2013

Silahkan yang belum punya SK KD Kurikulum 2013 sudah komplit tiap mapel. Go ... Go.... Go...
DOWNLOAD Area yaaaa........

(wins)

Cara aktivasi agar bisa upload dan download file

Salam Operator......



Sedikit saya ulas tentang cara Aktivasi file hosting agar bisa melakukan upload dan download file.
Dengan adanya File hosting ini kita akan lebih mudah untuk melakukan kirim Data yang berupa Soft Copy.
Dan juga lebih mudah mentransfer Data dari SD ke SD atau dari Waslenk Team's ke SD semua.
sehingga diharapkan agar kita juga lebih cepat dalam hal pengiriman Data ke UPTD dlm waktu singkat.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk aktivasi Sekolah:

Update Dapodik Semester 2

Teman teman OKSD semua bagi yang belum update data dapodik semester 2, mohon segera melakukan update dari aplikasi di sekolah masing masing. Berikut ini petunjuk bagi OKSD yang ingin melakukan update data dapodik semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.

1.   Login dulu di aplikasi dapodik kalian dengan memilih semester
      (Semester II - 2012-2013)
2.   Maka pada tampilan awal aplikasi untuk Semester/Th.Ajaran :
      Semester II - 2012-2013

Solusi Aplikasi Dapodik Hilang atau Rusak

Respons: 0 comments
Salam Operator...........



Sebagai sesama operator Sekolah, saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi sobat semua.
Mungkin yang membaca artikel ini sedang mengalami kehilangan database Dapodik? :)

Database Dapodik bisa saja hilang disebabkan beberapa faktor:
1. Lupa menyimpan
2. Komputer rusak
3. Hardisk rusak
4. Dimakan virus

Kalo sudah begini pasti bikin pusing 7 keliling khan?....
solusinya yach.. terpaksa ketik ulang atau input ulang hehe2x

Eiiiitttt....... tunggu dulu baca artikel ini sampai selesai, pasti data anda kembali dengan sendirinya (Bo ooooong).

Baca selengkapnya »

Persiapan Ujian Nasional


Untuk kelengkapan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, ada beberapa file yang mungkin teman teman operator belum menyiapkannya, silahkan ambil dibawah ini.






Penjelasan Pelaksanaan UN 2013

Permen no 3 tahun 2013

Peraturan POS UN SD Tahun 2013

Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional TP 2012-2013

(wins)

Kado Guru Kreatif dan Inovative


Bagi temen temen guru yang kreatif dalam menyusun persiapan pembelajaran, ini ada beberapa metode yang bisa di gunakan agar pembelajaran tidak menjenuhkan.

MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

Pengecekan Data Dapodik


LAYANAN LEMBAR INFORMASI DATA GURU P2TK DIKDAS TELAH BERPINDAH ALAMAT KE :

Info (Mirror 1)
Info (Mirror 2)
Info (Mirror 3)
Info (Mirror 4)


Kalo ingin melakukan pengecekan status atas pengiriman (Upload) data via applikasi silahkan ke:

http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/

masukan username / password sama seperti di applikasi kita masing masing.
untuk yang sudah upload semester 2, detail rombel (gurunya dan muridnya) sudah dapat di cek secara online.

Caranya:
1. Login dahulu
2. Klik Sekolah (di list menu sebelah kiri)
3. Klik Nama sekolah (di tabel sebelah kanan)
4. Dibawah muncul detail sekolah
5. Pilih Tab Daftar Rombel
6. Pilih Rombel yang ingin di cek
7. Klik Rincian Rombel

PERTANYAAN YG SERING DITANYAKAN SEPUTAR DAPODIK

Pertanyaan: "Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??"
Jawaban: Berikut penjelasannya:
(1) Data yg kami ambil menggunakan data input semester 1 tahun 2012
(2) Data JJM ada 3 jenis:
     - JJM (inputan sekolah),
     - JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan
     - JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya)
3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.

Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

hanya ingin berbagi pengalaman, semoga bisa membantu.(wins)

Petunjuk Pengajuan NISN baru


Pedoman Pengisian Formulir A 1 ( Pengajuan NISN baru )

I.Umum:
1. Pilih Jenjang diisi dengan jenjang sekolah anak tersebut
2. Nama Kab/Kota diisi dengan nama kabupaten/kota sekolah berada
3. Nama Provinsi diisi dengan nama provinsi sekolah berada
4. Tanggal Pengajuan diisi dengan Tanggal, Bulan dan Tahun pengajuan
5. NPSN diisi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional dimana siswa tersebut terdaftar/aktif disekolah yang sekarang, lengkapi kolom NPSN sampai ke siswa urutan terakhir.
6. Nama Sekolah diisi dimana siswa tersebut terdaftar/aktif disekolah yang sekarang
7. Nama siswa diisi sesuai dengan nama yang tercantum dalam akta kelahiran atau ijazah
8. Tempat lahir diisi sesuai yang tertera pada akta kelahiran
9. Tanggal lahir diisi sesuai yang tertera pada akta kelahiran
10. Jenis Kelamin diisi dengan angka : (1. Laki-laki 2. Perempuan)
11. Agama diisi dengan angka :(1=Islam, 2=Kristen, 3=Katholik, 4=Hindu, 5=Budha, 6=Konghu-chu, 7=lain-lain/Kepercayaan)
12. Alamat diisi dengan alamat tempat tinggal siswa sekarang
13. Tingkat diisi dengan kelas/rombongan belajar siswa di sekolah
14. Nama ibu kandung diisi sesuai dengan akta kelahiran (tanpa gelar/jabatan)

welcome

Respons: 1 comments

Selamat datang teman teman operator se kecamatan Lengkong.

Blog ini tempat kita sharing dan tanya jawab apa aja tentang tugas kita sebagai OKSD (Operator Komputer Sekolah Dasar) silahkan hubungi CS blog ini ( mas wins ) untuk mendapatkan kode aktifasi akun anda. agar anda bisa melakukan posting,  tanya jawab dan kirim kiriman file.

Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua amin.

Copyright © WASLENG TEAM's - Template By Must One